A. Deskripsi

Center of Tourism and Creative Business (CoTRES) adalah pusat studi yang didirikan pada tahun 2014 di dibawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengembangan (LPP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Lembaga ini lahir sebagai upaya civitas akademika untuk membantu mendukung perkembangan pariwisata dalam ranah akademis. CoTRES berusaha berperan secara tidak langsung dalam pengembangan pariwisata melalui kajian, pelatihan, seminar atau program-program lain yang sifatnya konseptual strategis yang dapat meningkatkan daya tarik pariwisata di Yogyakarta sekaligus mencari peluang usaha ekonomi kreatif di dalamnya.

B. Visi dan Misi

Visi

Menjadi pusat studi yang unggul dan bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan, penelitian dan kepariwisataan di Indonesia.

Misi

  1. Melakukan penelitian untuk pengembangan ilmu dan konsep kepariwisataan yang terintegrasi dengan kegiatan pendidikan
  2. Melakukan inovasi dalam mengimplementasikan hasil penelitian guna memecahkan masalah kepariwisataan bagi kesejahteraan masyarakat
  3. Memperluas jaringan kerjasama dalam peningkatan kualitas penelitian dan publikasi hasil penelitian, baik dalam maupun luar negeri
  4. Mengembangkan pusat studi menjadi lembaga yang memiliki kapasitas kelembagaan handal, baik dari segi infrastruktur, sumberdaya manusia dan tata kelola
  5. Membantu mengembangkan potensi ekonomi kreatif masyarakat

C. Tujuan

  1. Pelaksanaan penelitian dasar dan terapan di bidang kepariwisataan.
  2. Pengembangan pendidikan kepariwisataan berbagai strata.
  3. Pelaksanaan pelatihan dan bimbingan teknis.
  4. Penyelenggaraan konsultasi dan pendampingan.
  5. Publikasi hasil penelitian kepariwisataan.
  6. Pengembangan kerjasama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri

D. Program Kerja

  1. Melakukan penelitian tentang perluasan peluang potensi peningkatan income pariwisata di Yogyakarta di luar mainstrain business
  2. Pengembangan Desa Kemadang, Gunungkidul menjadi desa vokasi
  3. Perintisan Kampung Kowen menjadi kawasan ekonomi kreatif terpadu (integrated-creative-economy devekopment area)
  4. Partisipasi dalam forum pariwisata dan pengembangan ekonom kreatif nasional
  5. Inventarisasi peluang usaha kepariwisataan dan ekonomi kreatif di masyarakat

E. Capaian

  1. Terselenggarakannya pelatihan bahasa Inggris untuk pegiat pariwisata di pantai Baron dan sekitarnya
  2. Perintisan desa vokasi di Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta
  3. Perintisan sekolah vokasi pariwisata di Logandeng, Wonosari, Yogyakarta
  4. Pelatihan bahasa Spanyol dasar di UAD
  5. Perintisan kampung bahasa di Tembi, Bantul
  6. Pengembangan kerjasama dengan berbagai lembaga dalam dan luar negeri